menu lay out

Minggu, 12 Oktober 2014

Hikmah dibalik kesulitan yang melanda

Siapapun orangnya baik itu laki atau perempuan, tua atau muda, orang jaman dahulu hingga era modern pasti pernah merasakan yang namanya kesulitan,rintangan,hambatan serta persoalan - persoalan selama kita hidup di dunia ini.
Mari sejenak kita merenungkan dan bercermin pada kedua kaca spion yang kita miliki yaitu yang disebelah kiri dan kanan terlebih dahulu. Sama seperti kegunaan kaca spion yang ada di kendaraan yakni agar kita bisa melihat kondisi dan keadaan yang sudah kita lalui alias masa lalu kita baik maupun buruknya hasil dari perbuatan kita tanpa harus memutar posisi tubuh agar tetap konsentrasi menuju masa depan serta agar tidak melakukan kesalahan yang sama pada masa lalu. Adapun soal kebajikan yang pernah dilakukan bisa kita tingkatkan lagi di masa depan. Namun, seringkali di tengah perjalanan hidup berhadapan dengan beragam persoalan yang mendera bahkan terkadang menghentikan langkah kita untuk tetap maju ke depan. Yang menjadi pertanyaan, mengapa kita mendapat kesulitan?
Beberapa kemungkinan berikut ini adalah yang sering terjadi pada kita,yaitu:
1. Karena dosa dan kesalahan sendiri

Allah berfirman :
“Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.”
(QS. An Nisaa : 79)

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).”
(QS. Asy Syura : 30)

Oleh karena itu mari perbanyak istighfar.

2. Cobaan atau Ujian

Allah berfirman:
“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al Anbiya : 35)

“Dan kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk.”
(QS. Al A’raf : 168)

Maka marilah berdoa agar kita diberi kesabaran dan kekuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar