menu lay out

Rabu, 01 Oktober 2014

Cara Jitu Atasi Emosi Negatif

Kadangkala kita sering marah hanya karena persoalan kecil contohnya angkutan umum berhenti seenaknya di jalan ? Marah, dongkol, mencaci maki dalam hati, itulah yang akan muncul dalam diri kita. Dan itulah emosi negatif yang sering muncul saat kita berkendara di jalan. Efek jeleknya dari emosi negatif ini adalah bisa mempengaruhi mood kita dalam beberapa waktu ke depan (bisa 1 jam atau lebih). Bawaan kita inga marah marah ke orang yang ada disekitar kita. Dan kalau marah marah ini berlangsung setiap hari, maka akan berpengaruh negatif ke fisik dan psikis kita sendiri. Tentu saja kita tidak ingin mengalaminya kan ?
Maka dari itu, berikut bebetapa tips untuk meredakan emosi negatif di jalan :

1. Ucapkan istighfar yang banyak
Ingat, bisa jadi kejadian tidak menyenangkan yang kita alami adalah karena dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan. Mungkin kita pernah mendzolimi orang lain dengan cara yang sama.

2. Doakan agar supir angkutan tersebut diberi hidayah.
Doa adalah salah satu senjata muslim yang kuat. Doa diam diam seorang muslim untuk saudaranya akan mudah dikabulkan Allah. Dan jika doa kita dikabulkan dan semua supir angkutan mendapat hidayah Nya, maka betapa tertibnya lalu lintas di jalan raya.


3. Berusahalah menjauh dari perkara yang berdampak negatif.
Setiap orang pasti akan merasa kesal Dan marah bahkan tidak sedikit orang akan melampiaskan kekesalan Dan kemarahannya dengan cara-cara yang dapat merugikan baik bagi dirinya,orang lain serta lingkungan sekitar.
Nah,apa yang akan terjadi kalau setiap orang pada saat yang sama berbuat yang sama pada saat sedang kesal dan marah. Pasti bakal banyak kekacauan dimana mana Dan parahnya lagi bagi orang lain yang berada disekitarnya pun terkena imbas negatif. Oleh sebab itu, alangkah bijaknya bila disaat sedang kesal dan marah segera berusaha menjauh dari tempat atau orang yang membuat kita kesal. Hal ini kita lakukan bukan karena sikap pengecut atau tak bertanggung jawab melainkan kita menyadari dampak negatif yang lebih buruk lagi yang akan terjadi bila sikap kita berlebihan dalam meluapkan marah.

Demikian tips Cara Jitu Atasi Emosi Negatif
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar